Di Filipina Sampah Bekas Puntung Rokok Pun Dapat Dijual Dan Menghasilkan Uang Yang Lumayan

Yang namanya puntung rokok, ya niscaya eksklusif dibuang. Tapi nggak begitu di Filipina. Puntung rokok justru sangat berharga dan bahkan dapat dijual lho! 
Subic Bay Metropolitan Authority (SBMA) alias Pusat Ekologi Metropolitan Otonomi Teluk Subic, punya ilham inovatif terkait pemanfaatan puntung rokok. Mereka membelinya dari pengumpul, untuk lalu diolah jadi produk bernilai tinggi.
Dilansir dalam Viral4real, para pakar di forum pemerintah Filipina tersebut memang masih mempelajari cara mendaur ulang puntung rokok. Tapi untuk menunjang penelitiannya, mereka membutuhkan setidaknya 60 kg puntung rokok selama proyek berlangsung.
Jika hingga proyek ini berhasil, nantinya para mahir akan membeli puntung rokok tersebut secara rutin untuk meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar Teluk Subic, sekaligus mengurangi limbah puntung rokok yang memang sulit untuk diurai alam secara alami.
Dalam keterangannya, tim peneliti menyampaikan jikalau tanah membutuhkan waktu hingga 12 tahun untuk mengurai puntung rokok alasannya kandungan materi kimia berbahaya di dalamnya.
Proyek yang disebut “Heaviest Butt” tersebut ini sebetulnya sudah dimulai semenjak 5 Maret kemarin dan akan berakhir pada 5 Mei. Buat kau yang minat, puntung rokok dapat dikumpulkan dan eksklusif di jual ke SMBA dengan harga yang sudah ditentukan.
Gimana Gaes, minat ikutan proyek ini? Atau justru kau punya ilham yang lebih tokcer?

Comments